IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , » Luhut Usulkan Perubahan PP 79 Demi Tingkatkan Eksplorasi di Laut Dalam

Luhut Usulkan Perubahan PP 79 Demi Tingkatkan Eksplorasi di Laut Dalam

Written By Indopetro portal on Friday, 2 September 2016 | 08:47

indoPetroNews- Ada beberapa progres yang telah dilakukan oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Pelaksana tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Apa saja?

Diantaranya, Lapangan Jangkrik segera dikerjakan dan Tiung Biru serta Blok Indonesia Deepwater Development (IDD). “Menyangkut Blok IDD, dalam data yang saya lihat, sepanjang 16 tahun terakhir, sedikit sekali eksplorasi di laut dalam,” tegas Luhut, Kamis sore (1/9/2016) di Jakarta.

Penyebabnya? “Karena PP 79 itu dulu peraturan tersebut dibuat uniform antara ladang yang sulit dan ladang yang setengah sulit disamakan aturannya,” terang Luhut. Saat ini ladang yang mudah sudah habis, tinggal ladang yang sulit.

Menurut Luhut, ladang yang sulit bila dilihat proyeknya semuanya rendah. “Ada yang 4%. Ada yang 5% sehingga mereka tidak mau melakukan eksplorasi di situ,” katanya. Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan harus ada perubahan dalam PP Nomor 79.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2010 tentang biaya operasi yang dapat dikembalikan dan perlakuan pajak penghasilan di hulu minyak dan gas bumi (migas).

“Kita akan membicarakan dengan Menteri Keuangan bahwa penentuan insentif yang akan diberikan pada setiap proyek diberikan kepada Kementerian ESDM, sehingga dapat dievaluasi berapa yang pas (insentifnya) di situ,” papar Luhut. Hal ini karena tingkat kesulitan dalam eksplorasi di laut dalam itu berbeda-beda antara yang kedalamannya 300 meter dan 500 meter .

Dengan spirit perubahan PP 79 itu, lanjut Luhut, ExxonMobil, East Natuna dan lainnya, mereka ingin segera melakukan eksplorasi. (Sofyan)


Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login