IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , » Mahkamah Agung Ukraina Denda Gazprom US$ 3,4 Miliar

Mahkamah Agung Ukraina Denda Gazprom US$ 3,4 Miliar

Written By Indopetro portal on Thursday, 22 September 2016 | 15:44

indoPetroNews- Mahkamah Agung (MA) Ukraina menolak klaim yang diajukan oleh perusahaan asal Rusia Gazprom, yang melawan undang-undang antitrust yang dibuat oleh Komite Anti Monopoli Ukraina (AMU).

Mahkamah Agung akhirnya mendenda perusahaan produsen gas raksasa tersebut sebesar US$3,4 miliar atas penyalahgunaan posisi dominan di pasar transit gas milik Ukraina.

“Dengan mempertimbangkan keterangan pada pengaduan yang dilayangkan Gazprom dan menganalisa data-data yang ada, maka para juri menemukan bahwa pengaduan tidak berdasar,” kata dokumen sidang.

Pemerintahan Ukraina mengukuhkan peraturan AMU, yang juga bersamaan dengan dakwaan yang dilaporkan European Commission melawan perusahaan yang sama karena mengambil keuntungan yang tidak semestinya dari kekuatan pasar di negara-negara Eropa Timur dan Tengah, yang melanggar undang-undang antitrust Uni Eropa. Undang-undang antitrust sendiri adalah peraturan yang melawan persaingan tidak sehat dalam perdagangan.

Gazprom tidak berhasil mengajukan naik banding di Mahkamah Agung Ekonomi Ukraina di Juli. Saat itu, perusahaan bernilai US$52 miliar tersebut menganggap masalah sebuah kejutan yang luar biasa.

“Keputusan ini hanya dapat dilihat sebagai upaya menekan Gazprom di pengadilan,” kata perusahaan dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan.

Ukraina telah mengurangi pengaruh Rusia di Kiev dengan membangun hubungan kerja sama energi baru di Eropa selama dua tahun.

Ekspor gas Rusia ke Ukraina turun dari 14,5 menjadi 6,1 miliar kubik meter di 2015, atau sekitar 58 persen. Konsumsi Uni Eropa ternyata lebih sedikit dibandingkan yang diperkirakan, walaupun bertambah. Sebaliknya,produksi gas Uni Eropa turun. Produksi Ukraina diperkirakan turun sekitar 7 persen berdasarkan laporan di 2015. (Gadih/oilprice)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login