IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Obsesi Arcandra Mewujudkan Kedaulatan dan Kemandirian Energi Indonesia

Obsesi Arcandra Mewujudkan Kedaulatan dan Kemandirian Energi Indonesia

Written By Indopetro portal on Friday, 9 September 2016 | 08:50

indoPetroNews- Kedaulatan energi itu ada dalam Nawacita ke-7 Presiden Jokowi. Demikian dikatakan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar dalam acara Diskusi Publik Projo dengan tema "Membangun Kedaulatan Energi" pada Kamis (8/9/2016) di Jakarta.

Menurutnya banyak hal yang menjadi pekerjaan rumah bangsa ini. Salah satunya adalah soal kemandirian bangsa.

Menurut pria kelahiran Padang, Sumatra Barat ini, terdapat tiga pilar. Pilar pertama terkait sistem pengelolaan sumber daya alam (SDA). "Orientasinya harus berorientasi kemanfaatannya bagi peningkatan kemakmuran rakyat," papar Arcandra.

Pilar kedua, lanjut Arcandra, adalah kedaulatan energi. Kedaulatan energi ini menyangkut pengelolaan, suplai dan ketersediaan energi untuk masyarakat dan industri.

Pilar ketiga, lanjut Arcandra adalah investasi. "Menjamin investasi baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri sesuai koridor hukum dan perundang-undangan," ujar Arcandra. Investasi ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lewat kerjasama yang saling menguntungkan.

Lebih jauh Arcandra juga mengulas soal strategi membangun kemandirian bangsa. "Strategi dapat ditempuh dengan menjalankan proses bisnis yang transparan dan terukur," kata pria yang menjabat Menteri ESDM selama 20 hari ini. Disamping itu, juga melalui penerapan teknologi yang harus menyertai dalam setiap proses bisnis. Strategi lainnya adalah dengan memperkuat people atau sumber daya manusia (SDM).

Dia juga menyebut tiga komponen untuk mewujudkan kedaulatan energi, yaitu melalui peningkatan produksi, entitas bisnis dan memperkuat cadangan energi. "Menjamin kedaulatan energi baik dari segi pengelolaan, suplai dan ketersediannya untuk masyarakat dan kalangan industri," paparnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login