IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Pengusaha Migas Harapkan Kriteria Menteri ESDM Sebagai Berikut

Pengusaha Migas Harapkan Kriteria Menteri ESDM Sebagai Berikut

Written By Indopetro portal on Monday, 5 September 2016 | 16:24

indoPetroNews- Nama Arcandra Tahar kembali mencuat di publik. Pasalnya, pria kelahiran Padang ini dikabarkan bakal kembali diangkat oleh Presiden Jokowi untuk menduduki posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Namun kabar kabur ini ditepis oleh Zainal Arifin, seorang pengusaha minyak dan gas bumi (migas) yang memiliki hubungan dekat dengan Presiden Jokowi.

"Saya tidak mendapat informasi apa pun secara langsung dari Presiden Jokowi. Secara pribadi dan selaku pelaku di dunia migas, saya berharap Presiden Jokowi menunjuk orang yang mempunyai kapasitas dan keberanian dalam memutuskan kebijakan serta memiliki kejelian untuk melihat nilai tambah secara ekonomis," kata Zainal, disela-sela acara diskusi, Minggu siang (4/9/2016) di Jakarta.

Kendati demikian, dia mengamini bertebaran isu Arcandra akan diangkat lagi menjadi Menteri ESDM. "Yang terpenting ESDM membutuhkan menteri yang berani mengambil keputusan serta orang yang bisa menciptakan added value," katanya.

Hal lain yang mestinya melengkapi kriteria sosok menteri ESDM, lanjutnya, harus mempunya jiwa leadership atau kepemimpinan serta memiliki integritas. "Sektor ini sangat luas dan kepentingannya banyak. Jadi harus menempatkan orang yang mengerti," pungkasnya.

Kuatnya peluang Arcandra menduduki kursi orang nomor wahid di KESDM, sebenarnya dapat ditelusuri dari dukungan habis-habisan Pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Panjaitan (LBP) dalam beberapa kesempatan. Bahkan ketika Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi VII DPR pekan lalu, LBP sangat getol memuji-muji kinerja Arcandra.

"Selama 20 hari Arcandra menjabat sebagai Menteri ESDM banyak juga ide yang dilahirkan beliau. Misalnya, percepatan realisasi anggaran 2016 dengan target 90 persen. Saya terus terang berdiskusi sangat banyak dengan Arcandra dan saya belajar dari pikiran beliau dan menurut saya sangat banyak yang akan kita lakukan untuk penghematan disana, untuk membuat republik ini lebih bagus lagi ke depan," kata LBP, Kamis (1/9/2016)

Sebagaimana diketahui bahwa Arcandra diberhentikan dengan hormat dari jabatannya sebagai Menteri ESDM setelah adanya proses administrasi kewarganegaraannya yang belum diselesaikan ketika ditunjuk menjadi seorang Menteri. Arcandra hanya menjabat selama 20 hari kerja dan selanjutnya jabatan Menteri ESDM dilimpahkan kepada LBP selaku Plt Menteri. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login