IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Perlu Peningkatan Keterlibatan Negara agar Produksi Minyak Naik

Perlu Peningkatan Keterlibatan Negara agar Produksi Minyak Naik

Written By Indopetro portal on Tuesday, 13 September 2016 | 08:44

indoPetroNews- Anjloknya volume produksi minyak bumi mendorong berbagai pihak untuk turut menyumbangkan ide agar pengembangan energi minyak bumi dapat ditingkatkan. Salah satu usulan datang dari Andang Bachtiar, mantan Ketua Komite Eksplorasi Nasional (KEN). Apa saja usulannya?

“Dalam RUEN (Rencana Umum Energi Nasional), Komite Eksplorasi Nasional mengusulkan untuk meningkatkan rasio pemulihan cadangan minyak bumi hingga mencapai 100% pada tahun 2025, dengan meningkatkan kegiatan eksplorasi secara masif menjadi tiga kali lipat,” kata Andang, Jumat (9/9/2016) di Jakarta.

Selain itu, usulnya, memastikan produksi minyak bumi tidak kurang dari 568 ribu barrel oil per day (bopd) pada tahun 2025 (dengan tambahan dari hasil eksplorasi dan EOR (Enhanced Oil Recovery)). “Memperbaiki tata kelola data hulu migas dalam rangka meningkatkan penawaran dan pengembangan Wilayah Kerja migas, antara lain dengan menerapkan keterbukaan data migas dan tidak menjadikan data migas sebagai objek Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) semata,” cetus penggagas Konsorsium Riset Migas Kelautan ini.

Upaya pengembangan minyak bumi, lanjut Andang, juga harus disertai dengan peningkatan keterlibatan negara dalam pendanaan kegiatan eksplorasi. Misalnya melalui mekanisme pendanaan dari sebagian pendapatan negara dari migas (petroleum fund) yang merupakan bagian dari premi pengurasan (depletion premium) atau dari sumber pendanaan lainnya.

Hal lainnya, kata Andang, adalah menyempurnakan sistem, syarat dan ketentuan Kontrak Kerja Sama migas konvensional dan non-konvensional yang lebih menarik bagi investasi. Disamping itu, juga melakukan riset dasar eksplorasi migas dalam rangka meningkatkan cadangan migas dengan pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), antara lain riset migas non-konvensional, riset sistem petroleum pra-tersier, riset sistem petroleum gunung api, dan riset gas biogenik. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login