IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Pertamina Miliki Banyak Opsi untuk Eksplorasi Migas di Offshore

Pertamina Miliki Banyak Opsi untuk Eksplorasi Migas di Offshore

Written By Indopetro portal on Monday, 26 September 2016 | 09:44

indoPetroNews- Pertamina memiliki banyak opsi untuk mengantisipasi kegiatan eksplorasi migas di offshore. Hal tersebut disadari mengingat masa depan minyak dan gas bumi (migas) di masa mendatang akan lebih banyak berada di areal lepas pantai.

“Banyak opsinya. Ada beberapa blok offshore. Misalnya seperti blok Mahakam. Atau PT. Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ) dan Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) juga offshore. Jadi, kapabilitas untuk offshore sudah ada di tim-tim Pertamina,” kata Vice President for Corporate Communication PT. Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro kepada indoPetroNews.com Minggu (25/9/2016) di Jakarta.

Walaupun demikian, lanjut Wianda, opportunity nya lebih pada tantangan bagaimana melakukan eksplorasi di blok-blok yang kandungan CO2 nya (karbon dioksida) tinggi.

“Kasus seperti Natuna yang memiliki kandungan CO2 sebesar 75%. Itu membutuhkan fasilitas, storage dan kemampuan sendiri,” imbuhnya.

Karena itu, lanjut Wianda, pihaknya berkolaborasi dengan pihak-pihak yang berpengalaman dalam melakukan eksplorasi di daerah tersebut. “Untuk blok offshore sebagian besar sudah kita lakukan. Kecuali untuk laut yang dalam sekali,” paparnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa Direktur Utama (Dirut) Pertamina Dwi Soetjipto, baru pulang dari Norwegia. “Beliau bertemu dengan Statoil . Perusahaan tersebut memiliki kemampuan eksplorasi di laut dalam. Dan Pertamina sedang menjajaki upaya kerjasama dengan perusahaan tersebut,” ujar Wianda. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login