IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , , » Pertamina Realisasikan Bangun FSRU Cilacap

Pertamina Realisasikan Bangun FSRU Cilacap

Written By Indopetro portal on Monday, 5 September 2016 | 16:04

indoPetroNews- PT. Pertamina (Persero) mulai merealisasikan rencana pembangunan Floating Storage Regasification Unit (FSRU) di Cilacap yang sebelumnya sudah direncanakan pada 2015.

“Sudah dimulai beauty contest,” kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjopto, di Jakarta pekan lalu sambil menjelaskan bahwa direncanakan fasilitas regasifiasi liquefied natural gas (LNG) akan memiliki kapasitas sebesar 1,5 juta ton per tahun.

Dwi menjelaskan tujuan dari pembangunan fasilitas FSRU di Cilacap tersebut adalah untuk efisiensi kierja perusahaan. Pasalnya, fasilitas tersebut nantinya akan memasok gas untuk kilang bahan bakar minyak (BBM) di Cilacap. Saat ini kilang tersebut sedang dalam proses upgrading, peningkatan kapasitas dan kualitas kilang.

Pertamina, menurut Dwi, akan membuka peluang bagi industri sekitar Cilacap yang ingin memanfaatkan gas di pabriknya. “Jika nantinya pasokan gas yang ada di FSRU berlebih, kami siap memasok untuk industri sekitar Cilacap,” imbuh Dwi.

Terdapat rencana pembangunan beberapa unit fasilitas regasifikasi LNG di beberapa daerah yang tengah dipersiapkan oleh Pertamina. Diantaranya adalah pembangunan regasifiksi di Jawa Barat, Banten, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dalam pernyataan resmi sebelumnya, Pertamina tengah merencanakan pembangunan terminal penerimaan dan regasifikasi LNG di Bojanegara, Banten. Dalam proyek yang ditargetkan rampung pada 2019 tersebut, Pertamina bekerja sama dengan PT. Bumi Sarana Migas. Saat ini Pertamina telah menyelesaikan tahap pra-studi kelayakan proyek yang direncanakan memiliki kapasitas 500 million standard cubic feet per day (mmscfd). (Gadih/IDI)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login