IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Pertamina Segerakan Tender Pengadaan Kilang Balikpapan

Pertamina Segerakan Tender Pengadaan Kilang Balikpapan

Written By Indopetro portal on Wednesday, 7 September 2016 | 10:39

indoPetroNews- PT Pertamina (Persero) tengah menyegerakan realisasi proyek Refinery Development Masterplan Program (RDMP) RU V Balikpapan. Saat ini, proyek ada dalam tahap pendataan barang berkategori long lead item (LLI) yang nantinya segera akan dibuka proses tender pengadaannya.

“Perkiraan kami sekitar US$1 miliar barang berkategori LLI akan dilaksanakan proses pengadaannya oleh Pertamina. Pengadaan ini sekaligus merupakan tahapan konkret kami untuk percepatan proyek,” kata Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi di Jakarta (6/9).

Pengadaan barang dengan proses pembuatan dan pengiriman yang lama tersebut akan dimulai pada Oktober 2016 dan diprediksi akan rampung pada kuartal pertama 2017. Proses pengadaan barang LLI terpisah dengan paket engineering, procurement and construction (EPC). Hal ini dilakukan agar proyek berjalan cepat dan proses pengadaan berjalan dengan efisien.

Sementara itu, lelang EPC akan diadakan pada akhir tahun dan akan selesei dalam kurun waktu enam bulan. Kemudian untuk proses konstruksi upgrading kilang akan dimulai pada awal 2017. Berikutnya mechanical completion dan commissioning ditargetkan pada Juli 2019. Dengan demikian diestimasi proyek RDMP RU V Balikpapan akan mulai beroperasi pada September 2019.

"Untuk itu, kami akan melakukan final investment decision RDMP RU V Balikpapan pada awal Juli 2017 yang segera diikuti dengan konstruksi fisik," jelas Hardadi.

Menurut Hardadi, kebutuhan investasi untuk RDMP Kilang Balikpapan ini mencapai US$ 4,6 miliar. Rincinya, tahap pertama membutuhkan USS 2,6 miliar dan tahap kedua US$ 2 miliar. RDMP tahap kedua itu akan mulai dikerjakan pada 2020 dan ditargetkan selesai pada 2023. (Gadih/Sindo)



Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login