IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , » Plt Menteri ESDM: Berikan Insentif Menarik bagi Investor Migas Laut Dalam

Plt Menteri ESDM: Berikan Insentif Menarik bagi Investor Migas Laut Dalam

Written By Indopetro portal on Wednesday, 7 September 2016 | 11:22

indoPetroNews- Indonesia mempunyai potensi besar untuk cadangan minyak dan gas alam (migas) di laut dalam. "Cadangannya cukup banyak tetapi kurang menarik bagi investor," kata Pelaksana tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya pada acara Focus Group Discussion Konsorsium Riset Migas Kelautan "Realisasi Visi Eksplorasi Migas Nasional" pada Rabu (7/9/2016) di Auditorium Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) Depok Jawa Barat.

Oleh karena itu, pihaknya akan mengupayakan revisi PP 79 Tahun 2010. "Jangan disamakan mengebor di laut dalam dengan pengeboran migas di darat. Kita akan mendorong untuk memberikan insentif-insentif yang menarik bagi investor," tandas Luhut.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2010 tentang Biaya Operasi yang Dapat Dikembalikan dan Perlakuan Pajak Penghasilan di Bidang Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi‎ (migas).

Luhut juga menegaskan usahanya untuk mempercepat proses penyelesaian Plan of Development (PoD) di laut dalam. Misalnya, Luhut meminta Inpex, operator di Masela, agar dituntaskan dalam tenggat 8 bulan dari yang sebelumnya 1 tahun.

Lebih jauh Luhut mengutarakan keinginannya lebih mendorong proses eksplorasi migas di laut agar segera dapat memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.

"Selama ini migas yang diproduksi lebih banyak diekspor, sedangkan kebutuhan dalam negeri kekurangan. Untuk menutupi kekurangan tersebut, impor menjadi pemecahannya," kata Luhut. Oleh karena itu, lanjut Luhut, kebutuhan energi dalam negeri diprioritaskan.

Luhut juga memaparkan soal mahalnya harga gas. Padahal di Singapura dan Cina harga gas berkisar US$4, sedangkan di dalam negeri mencapai US$13. "Kita coba uraikan dan cari pemecahan persoalan ini sehingga harga gas dapat lebih ekonomis," katanya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login