IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Pemerintah Tidak PD pada Kebijakan yang Dibuat Arcandra

Pemerintah Tidak PD pada Kebijakan yang Dibuat Arcandra

Written By Indopetro portal on Thursday, 1 September 2016 | 10:50

indoPetroNews- Produk-produk hukum yang telah dikeluarkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar selama menjabat kurang lebih 20 hari dianggap tidak sah secara hukum. Apa alasannya?

“Karena tidak dikeluarkan oleh pejabat yang sah secara formal,” tegas Guru Besar Hukum Internasional di Universitas Indonesia (UI) Prof Hikmahanto Juwana kepada indoPetroNews.com Rabu (31/8/2016) di Jakarta. Kemudian Hikmahanto menuturkan tentang Barack Obama saat mengucapkan sumpah untuk memangku jabatan Presiden Amerika Serikat pada periode kedua kalinya.

“Beliau salah pengucapan sumpah. Dan terpaksa diulang. Kenapa? Supaya kebijakan-kebijakan yang dibuat tidak dipermasalahkan karena salah pengucapan sumpah,” tandasnya.

Permasalahan yang menimpa Arcandra Tahar adalah dia warga negara asing. “Kemungkinan besar orang akan mempermasalahkan itu,” katanya. Terbukti misalnya pemerintah, melalui Pelaksana tugas (Plt). Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan, buru-buru meralat tentang izin ekspor konsentrat Freeport Indonesia bukan ditandatangani Arcandra tetapi oleh menteri sebelumnya, Sudirman Said.

“Ini menandakan pemerintah tidak percaya diri untuk mengatakan bahwa produk-produk kebijakan yang dibuat Arcandra Tahar adalah produk kebijakan yang sah. Oleh karena itu, lanjut Hikmahanto, bila selama 20 hari tersebut Arcandra menjabat Menteri ESDM maka kebijakan yang dikeluarkannya tidak sah. “Harus diulang dan ditandatangani lagi oleh Plt Menteri ESDM, Luhut Pandjaitan,” kata Hikmahanto. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login