IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Tiga Opsi SKK Migas Versi Komisi VII DPR RI

Tiga Opsi SKK Migas Versi Komisi VII DPR RI

Written By Indopetro portal on Wednesday, 28 September 2016 | 08:50

indoPetroNews- Peran dan posisi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) kini banyak disorot seiring dibahasnya kembali Revisi Undang-undang Minyak dan Gas Bumi (RUU Migas) Nomor 22 Tahun 2001. Bahkan ada yang mengusulkan agar SKK Migas direposisi karena kedudukannya dianggap tidak jelas. Bagaimana reposisinya?

“Posisi SKK Migas selama ini kan tidak jelas. Di mana posisinya sekarang ini,” tegas anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Inas Nasrullah Zubir kepada sejumlah media, termasuk indoPetroNews.com Senin (26/9/2016) di Jakarta.

Di mana letak ketidakjelasannya? “Di dalam Undang-undang Migas dan di dalam segi pemerintahan kita. Karena itu ada Komisi VII DPR mengusulkan bebera opsi terkait kedudukan SKK Migas,” ucap Inas.

Diantara usulannya, kata Inas, adalah mengembalikan SKK Migas ke Pertamina seperti pada masa lalu. Usulan kedua adalah membentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khusus, yang akhirnya menjadi lex spesialis. Kalau BUMN khusus maka tidak berada di bawah Undang-undang BUMN dan juga tidak berada di bawah Kementerian BUMN tetapi berada di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Persoalannya, lanjut Inas, apakah ini tidak akan menimbulkan perdebatan panjang oleh berbagai kalangan. “Ada usulan yang menarik, yaitu tentang otoritas migas. Selama ini fungsi SKK Migas lebih pada pengawasan saja minus pengelolaan. Termasuk juga nanti masalah perizinan. Perizinan ini kan panjang birokrasinya,” tandasnya.

Dia juga mengungkapkan bila kewenangan atau otoritas ini juga diberikan maka tentu akan jauh lebih baik. “Dan banyak investor akan masuk. Termasuk untuk mengerjakan proyek IDD (Indonesia Deepwater Development) yang selama ini terkatung-katung karena terkendala perizinan yang bertele-tele,” ujarnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login