IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » DEN: Tugas Utama Pertamina Bukan Sekadar Bisnis Minyak

DEN: Tugas Utama Pertamina Bukan Sekadar Bisnis Minyak

Written By Indopetro portal on Tuesday, 4 October 2016 | 08:30

indoPetroNews- Pemerintah tidak harus mengurusi Pertamina saja karena Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bukan hanya PT Pertamina. Hal tersebut dikemukakan oleh Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Prof Rinaldi Dalimi, menanggapi pernyataan sebagian kalangan yang menganggap bahwa pemegang saham Pertamina kurang memfasilitasi Pertamina sehingga perusahaan plat merah ini tidak dapat bersaing dengan perusahaan multinasional migas lainnya.

"Pemerintah tentunya tidak harus mengurusi Pertamina saja. Variabel pertimbangannya bukan semata bisnis minyak," kata Rinaldi kepada indoPetroNews.com Senin (3/10/2016) di Jakarta. Mungkin kalau hanya ditinjau dari sisi bisnis akan dianggap kurang (memfasilitasi).

Menurut Rinaldi, pemerintah pun harus juga melihat secara keseluruhan. "Justru pemerintah harus melihat peran Public Service Obligation (PSO)-nya sehingga dilihat kurang mendukung untuk arah bisnis. Tetapi saya tidak melihat seperti itu," katanya.

Ketika ditanyakan apakah ekspansi Pertamina hingga ke luar negeri akan mengganggu posisi PSO, Rinaldi menegaskan, "Itu yang harus kita ingatkan pada Pertamina dan Menteri BUMN. Jangan sampai bisnis ini menjadi dominan, sedangkan posisi PSO ditinggalkan. PSO justru tugas utama Pertamina."

Sebagai catatan, saat ini, di luar negeri Pertamina, beroperasi di tiga negara, yakni Aljazair, Irak, dan Malaysia. Di Aljazair, Pertamina tercatat menjadi operator di Blok Menzel Lejment North. Serta memiliki hak partisipasi di dua blok lainnya, yakni El Merk dan Ourhoud.

Di Irak, Pertamina memiliki hak partisipasi sebesar 10 persen di Blok West Qurna 1. Sementara di Malaysia, Pertamina memiliki hak partisipasi 18-25,5 persen di Blok SK-309, SK-311, SK-314A, P, K dan Blok H. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login