IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Direktur Hulu Pertamina : Secara Geologi di Kaltara Ada Kemiripan Seperti Blok Mahakam

Direktur Hulu Pertamina : Secara Geologi di Kaltara Ada Kemiripan Seperti Blok Mahakam

Written By Indopetro portal on Friday, 14 October 2016 | 10:43

indoPetroNews- Untuk mengejar target produksi minyak dan gas bumi (migas) PT Pertamina (Persero) mencoba peluang di luar Wilayah Kerja (WK). Bahkan mengekspansi hingga ke luar negeri. Di mana saja wilayah yang bakal dirambah perusahaan energi plat merah ini?

“Kita melakukan studi-studi regional yang memang sangat awal. Kita belum bicara pengeboran tapi bicara prospek potensial. Kita mencoba melihat di Kalimantan Utara. Di sana ada kemungkinan secara geologi ada kemiripan seperti Mahakam,” kata Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam kepada wartawan, Kamis (13/10/2016) di Jawa Timur.

Diakuinya hal tersebut masih sangat konseptual. “Bila hasilnya dapat segera kita simpulkan dan kita sama-sama ambil resiko termasuk mengeksplorasi yang high risk tapi high reward juga kalau berhasil,” lanjutnya.

Saat ini, ungkap Syamsu, selain beroperasi di WK-WK yang eksisting, Pertamina melalui anak perusahaannya, baik PEP dan PHE, bergerak kepada prospek-prospek yang high risk. “Pertamina EP akan mengebor di Bunyu. Selain itu di Kalimantan, yang high risk,” tandasnya.

Selalin di dalam negeri, Pertamina pun mulai melebarkan sayapnya ke luar negeri. “Kita mencita-citakan produksi 700.000 – 800.000 barel per hari,” katanya. Karena itu, lanjutnya, pihaknya diperintahkan untuk melakukan ekspansi ke luar negeri untuk mengisi kekurangan produksi.

Pertamina saat ini beroperasi di Aljazair dan Irak (sudah berproduksi). Selain itu, kata Syamsu, Pertamina juga merambah Iran, Rusia, dan Gabon. “Kita juga berharap pihak SKK Migas untuk menjembatani Pertamina untuk bekerjasama dengan perusahaan migas yang beroperasi di dalam negeri untuk beroperasi di luar Indonesia, seperti Total, ExxonMobil dan lain sebagainya,” tandasnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login