IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Direktur Pembinaan Program Migas KESDM : Soal Turunnya Harga Gas Industri, Tunggu Tanggal Mainnya

Direktur Pembinaan Program Migas KESDM : Soal Turunnya Harga Gas Industri, Tunggu Tanggal Mainnya

Written By Indopetro portal on Thursday, 6 October 2016 | 15:59

indoPetroNews- Operasional untuk menurunkan harga gas untuk kalangan industri sedang dibahas oleh pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Operasional sedang kita bahas. Jangan sampai para kontraktor lari," kata Direktur Pembinaan Program Migas Ditjen KESDM, Agus Cahyono Adi kepada wartawan, seusai mengisi seminar
"Penurunan Harga Gas Industri untuk Memacu Pertumbuhan Ekonomi Nasional," Kamis (6/10/2016) di Jakarta.

Menurut Agus, pihaknya juga sedang membicarakan dan menghitung dengan para kontraktor dan pihak Kementerian Perindustrian bila nanti harga gas untuk end user 6 USD MMBTU (million british thermal unit). "Tunggu tanggal mainnya," cetus Agus.

Pihaknya, imbuh Agus, sedang mereformulasi harga gas hulu dari fix+excalation menjadi hybrid, yaitu fix+linked oil price, sehingga tercipta manajemen risiko yang seimbang antara pemerintah dan kontraktor untuk merespon fluktuasi harga minyak.

"Hybrid itu suatu jalan tengah. Kalau langsung connect dengan harga minyak, itu pada saat harga rendah, akan rendah banget. Kalau tinggi, tinggi banget," tandas Agus.

Dia juga menuturkan, kalau langsung seperti liquefied natural gas (LNG), pada saat harga di atas US$100, maka harga gas bisa US$17 - US$18. "Tapi kalau dengan hybrid bisa separuhnya," ujarnya.

Kementerian ESDM, imbuh Agus, kini sedang membahas masalah harga dengan semua pihak, baik hulu hingga hilir sampai para pengguna akhir. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login