IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Harga Gas Bisa Ditekan Jika Terdapat Sinergi antara Pertagas dan PGN

Harga Gas Bisa Ditekan Jika Terdapat Sinergi antara Pertagas dan PGN

Written By Indopetro portal on Wednesday, 5 October 2016 | 11:03

indoPetroNews- Tidak ada hubungan antara pendirian holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi dengan upaya penurunan harga gas bumi. Mengapa?

“Harga gas ditentukan oleh faktor yang lain, diantaranya adalah tata niaganya,” kata Research Director Core Indonesia, Mohammad Faisal kepada sejumlah media, termasuk indoPetroNews.com Selasa (4/10/2016) di Jakarta. Dalam praktik tata niaganya, trader hanya menjual gas tetapi tidak membangun infrastruktur.

Para trader hanya menjual dan mendapat margin keuntungan. Karena itu, lanjut Faisal, menjadi pertanyaan besar bila dikatakan bahwa upaya pembentukan holding BUMN energi sebagai salah satu cara untuk menekan harga gas. Justru yang terjadi banyaknya trader menyebabkan harga gas menjadi tinggi.

Oleh sebab itu, Faisal berharap pemerintah harus mengatur dan mengontrol ketat para trader gas serta harga di hilir juga diatur. Kalau ini tidak dilakukan maka pembentukan holding BUMN energi juga tidak berpengaruh pada harga gas.

Faisal mengakui bahwa holding BUMN energi bisa menekan harga gas bila terdapat sinergi antara PGN dan Pertagas membangun jaringan distribusi gas dari hulu hingga hilir. “Tidak ada tumpang tindih di daerah yang sama dan tidak ada konflik seperti di Riau,” tandas Faisal. Selain dapat menekan harga, adanya holding BUMN energi dapat melakukan efisiensi. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login