IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » IAPMIGAS : Pipa Bersama Bisa Kurangi Tingginya Harga Gas

IAPMIGAS : Pipa Bersama Bisa Kurangi Tingginya Harga Gas

Written By Indopetro portal on Friday, 7 October 2016 | 08:44


indoPetroNews- Adanya tumpang tindih infrastruktur pipa gas disebut-sebut sebagai penyebab tingginya harga gas. Misalnya dalam satu daerah ada dua pipa gas. Padahal seharusnya satu pipa dapat digunakan secara bersama sehingga dapat lebih hemat dan lebih murah tarifnya.

Berapa persen penurunannya bila pendistribusian menggunakan satu pipa. “Saya tidak bisa mengatakan berapa angka penurunannya tetapi salah satu komponen penyebab tingginya harga gas bermacam-macam,” kata Chairman Asosiasi pipa minyak dan gas bumi (Indonesian Oil and Gas Pipeliner Association/ IAPMIGAS) Hendra Jaya kepada wartawan, Kamis (6/10/2016) di Jakarta. Misalnya dari aspek hulu, transmisi, pipa distribusinya, toll fee dan lain semacanya.

Walaupun demikian, lanjut Hendera, komponen yang paling besar penyebab harga gas tinggi dari hulunya. “Tax dan iuran juga menjadi penyebab walaupun tidak terlalu banyak karena hanya sekitar 3%,” katanya. Disamping itu juga biaya distribusi.

Menurut Hendra biaya distribusi saat ini dapat diatur sehingga dapat dikelola. “Dan ini akan berdampak pada harga yang wajar,” lanjut Hendra sembari mengimbuhkan jangan semua orang membangun pipa.

Dan boleh jadi, lanjutnya, salah satu tujuan dibentuknya holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi adalah untuk mengurangi tingginya harga gas. Namun Hendra enggan menjawab lebih detil terkait upaya penggabungan Pertagas ke PGN. "Karena saya termasuk pelaku bisnisnya," kilahnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login