IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , » IPO Saudi Aramco Tidak Akan Sebatas Downstream

IPO Saudi Aramco Tidak Akan Sebatas Downstream

Written By Indopetro portal on Friday, 7 October 2016 | 11:40

indoPetroNews- Saudi Arabian Oil Company (Saudi Aramco) tengah bersiap go public. Direktur Eksekutif Amin Nasser menyatakan initial public offering (IPO) Aramco akan meliputi segala aspek di bisnis tersebut – tidak hanya penyulingan dan penyaluran.

Perusahaan ini akan merilis daftar bank dan konsultan yang berperan sebagai penasehat dalam proses IPO ini “secepatnya”, namun Nasser sendiri belum dapat memberitahukan kapan pastinya. Dia menambahkan bahwa Saudi Aramco akan mendata saham mereka di bursa saham Saudi, termasuk London, Hong Kong dan New York.

Saudi Aramco hendak menjual 5 persen saham mereka yang bernilai tiriliunan dolar pada 2018 yang dimaksudkan untuk menambah pendapatan dan memperbaiki perekonomian negara dalam menghadapi turunnya harga minyak mentah. Pemerintahan Arab berharap IPO ini nantinya akan menaikkan pendapatan hingga US$100 miliar. Deputi Putera Mahkota Mohammed bin Salman pertama kali mengumumkan rencana penjualan tersebut April lalu.

Nasser mengatakan, “Kami butuh melakukan banyak perkerjaan internal untuk mempersiapkan pendataan ini. Kami mendata seluruh bagian dari perusahaan, bukan hanya downstream. Tidak ada hambatan terkait IPO untuk Aramco. Ini berjalan sangat mulus dan kami sedang mencoba mencapai target. Kami menerima banyak kemajuan sejauh ini. Orang-orang harus menghargai ukuran Aramco dan kompleksitasnya.”

“Aktif dan berkembang. Kami adalah satu dari banyak perusahaan yang masih berinvestasi. Kami masih melanjutkan berinvestasi di core business kami. Rig kami bertambah, dan secara keseluruhan aktivitas kami juga meningkat,” kata Nasser sambil menjelaskan bahwa Aramco saat ini sedang melakukan peninjauan pada budget-nya.

Arab Saudi melanjutkan produksi minyak yang mencapai 10,58 juta barel per hari (bph) bulan lalu. Untuk gas bumi, Saudi Aramco kini sedang berupaya melipatgandakan total kapasitas produksinya untuk 10 tahun kedepan. (Gadih)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login