IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Jonan Harus Jadi Menteri ESDM Secara Institusi Bukan Visi Pribadi

Jonan Harus Jadi Menteri ESDM Secara Institusi Bukan Visi Pribadi

Written By Indopetro portal on Tuesday, 18 October 2016 | 14:22

indoPetroNews- Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) berharap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru ditunjuk oleh Presiden Jokowi dapat menjadi menteri secara institusi. Apa maksudnya?

“Kita melihat Jonan sebagai menteri institusi bukan pribadi. Visinya visi institusi bukan visi pribadi. Kalau satu kebijakan untuk kepentingan bangsa Indonesia maka harus dijalankan,” kata anggota Komisi VII DPR RI Dito Ganinduto, kepada indoPetroNews.com Minggu (16/10/2016) di Jakarta.

Menurut politisi Partai Golkar ini, Jonan tinggal melanjutkan kebijakan yang telah ditetapkan oleh menteri sebelumnya. “Jangan mundur-mundur lagi,” tegasnya.

Salah satunya contohnya adalah soal Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2010. Dan ini sudah selesai di tingkat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tapi di Kementerian Keuangan belum selesai. “Jonan harus mem-follow up ini. Jangan mundur lagi, karena ini sudah berjalan. Dan ini sangat penting di tengah anjloknya harga minyak mentah di pasar dunia,” kata Dito

Hal lain yang perlu dibenahi menyangkut harga gas untuk kalangan industri. Presiden Jokowi juga meminta agar harga gas untuk industri diturunkan hingga US$6 million metric british thermal unit (MMBTU). “Ini harus diimplementasikan. Misalnya dengan mengurangi pajak di hulu. Toll fee di hilir juga harus diperbaiki, yang tadinya live time daripada pipa 5 tahun harus dihitung 20 tahun. Saya kira 20 tahun masih bisa sehingga toll fee bisa turun,” lanjutnya.

Lebih lanjut Dito berharap tidak ada lagi trader yang tidak mempunyai infrastruktur. “Dan tidak boleh melebihi dari satu trader lagi hingga sampai ke end user sehingga harganya bisa lebih murah,” imbuhnya sembari mengakui harga gas tidak akan sama di semua daerah karena perbedaan faktor lokasi dan transportasi. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login