IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » KME Gagas Nobar Film Kisah Meledaknya Anjungan Deepwater Horizon

KME Gagas Nobar Film Kisah Meledaknya Anjungan Deepwater Horizon

Written By Indopetro portal on Thursday, 6 October 2016 | 08:19

indoPetroNews- Komunitas Media Energi (KME) menginisiasi nonton bareng (nobar) film layar perak visualisasi tentang kecelakaan dalam industri minyak dan gas (migas) pada film bergenre biographical disaster besutan Peter Berg, Deepwater Horizon.

Acara nobar yang diadakan pada Rabu petang (5/10/2016) di kawasan Setiabudi, Jakarta ini didukung oleh Elnusa, Asosiasi Perusahaan Pemboran Minyak, Gas dan Panas Bumi Indonesia (APMI) dan Djoko Siswanto, Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Untung, salah seorang panitia, mengatakan gagasan nobar film Deepwater, dimaksudkan memberikan perspektif dan wawasan bagi kalangan jurnalis, khususnya yang concern dalam liputan migas. "Idenya spontan saja. Berawal dari obrolan ringan kawan-kawan, yang kemudian mendapat respon positif dari beberapa pihak stakeholder di sektor migas," katanya, yang juga diamini oleh Pardoci dan Ridwan, panitia penyelenggara nobar.

Film Deepwater Horizon yang berdurasi 107 menit dirancang berdasarkan kisah nyata peristiwa ledakan kilang minyak Deepwater Horizon yang dioperasikan oleh Transocean untuk BP di lapangan minyak Macondo Prospect, Amerika Serikat, dan mengakibatkan 11 pekerja pengeboran tewas serta tumpahan minyak terbesar di dunia.

Sebagai catatan, kebocoran minyak Deepwater Horizon (atau Bocoran minyak BP) adalah kebocoran minyak yang terjadi di Teluk Meksiko pada akhir Mei atau awal Juni 2010 dan merupakan tumpahan minyak terbesar di lepas pantai dalam sejarah AS.

Sumber minyak adalah dari dasar laut 10,000 feet (3,000 m) di bawah permukaan. Peristiwa ini menyebabkan malapetaka lingkungan, karena memengaruhi habitat binatang laut. Pemerintah Amerika Serikat menyebut BP sebagai pihak yang bertanggung jawab.

Deepwater Horizon adalah anjungan lepas pantai yang berdiri selama 9 tahun. Anjungan ini dibangun oleh Hyundai Heavy Industries. Pada tanggal 20 April 2010, sejumlah gas keluar dari sumur dan meledak, menyebabkan 11 orang pekerja meninggal di tempat. Sebagian besar pegawai anjungan dievakuasi dengan perahu dan helikopter. Pada 22 April 2010, minyak bumi mulai keluar dari dasar laut di Deepwater Horizon.

Pada 15 Juli 2010, BP mengatakan kebocoran tersebut telah dihentikan dengan menutup sumber semburan minyak, meskipun ada risiko bahwa pergeseran tekanan yang signifikan dapat menciptakan sebuah kebocoran baru di dasar laut.

Film Deepwater Horizon dibintangi oleh Mark Walhberg yang berperan sebagai Mike Williams. Selain Mark Wahlberg, film ini juga dibintangi oleh Kate Hudson, Kurt Russel, John Malkovich, Gina Rodriguez, dan Dylan O'Brien yang terkenal akan perannya di film The Maze Runner trilogy. Secara keseluruhan, film yang menghabiskan biaya produksi sebesar USD$156 juta ini patut ditonton oleh kalangan dewasa, baik mereka yang menjadi pekerja migas atau pun masyarakat awam. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login