IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pemerintah Harus Subsidi Gas Agar Tidak Mahal

Pemerintah Harus Subsidi Gas Agar Tidak Mahal

Written By Indopetro portal on Friday, 7 October 2016 | 08:37

indoPetroNews- Salah satu penyebab melonjaknya harga gas di Tanah Air karena aspek hulu dan hilir dijadikan satu. Demikian diungkapkan oleh anggota Komite BPH Migas Qoyum Tjandranegara‎.

"Tidak ada pemisahan antara hulu dan hilir. Keduanya dijadikan satu, yaitu pada cost recovery makanya harga gas mahal," kata Qoyum Tjandranegara kepada media, termasuk indoPetroNews‎.com Kamis (6/10/2016) di Jakarta. Cost recovery seharusnya di hulu.

Oleh karenanya, Qoyum mengusulkan pemerintah memberikan subsidi untuk penggunaan gas bumi, agar harga gas ‎bisa lebih murah.

Dia menilai selama ini pemerintah belum memberikan perhatian khusus pada gas. Di saat sumber energi lain mendapat subsidi, hanya gas yang tidak mendapat subsidi. Padahal, saat ini harga gas di Indonesia masih mahal. "Cara menurunkan harga salah satunya dengan memberikan subsidi," ucapnya. Sebab dengan harga yang lebih murah akan membuat banyak pihak menggunakan gas.

‎"Gas disubsidi Rp 1.500 per MMBTU, orang berpindah ke gas, terutama transportas‎i," kata Qoyum.

Qoyum menuturkan, subsidi yang dimaksud, seperti dalam bentuk insentif ke kegiatan tata niaga gas dengan mengurangi pendapatan pemerintah dari kegiatan tersebut.

Pihaknya juga mengingatkan, jika harga gas disubsidi dan mendorong peralihan konsumen ke gas, maka akan menciptakan nilai tambah yang lebih besar dibanding hanya menjual gas ke luar negeri. "Kalau gas diberi subsidi efeknya sangat tinggi," tandas Qoyum. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login