IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pengamat Ekonomi: Pembentukan Holding Energi Sejatinya Transparan

Pengamat Ekonomi: Pembentukan Holding Energi Sejatinya Transparan

Written By Indopetro portal on Wednesday, 5 October 2016 | 11:43

indoPetroNews- Pembentukan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi harus dikonsultasikan kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pasalnya, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan bahwa gagasan pembentukan holding BUMN energi tidak perlu dibawa ke badan legislatif.

“Ini saya kira sangat naïf. Keputusan yang sedemikian penting dalam pembentukan holding BUMN energi mestinya dilakukan dengan proses transparan. Paling tidak melibatkan dan meminta masukan dari anggota DPR,” kata mantan anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas, Fahmy Radhi kepada sejumlah media, termasuk indoPetroNews.com Selasa (4/10/2016) di Jakarta.

Menurut Fahmy tidak sedikit langkah dan kebijakan Rini Soemarno yang merugikan pemerintahan JKW-JK. “Salah satunya ide pembentukan holding BUMN energi, kasus kontrak Pelindo II dan gagasannya mendorong hutang yang besar,” kata Fahmy.

Dia juga mensinyalir ada agenda yang tersembunyi yang dibawa oleh Rini untuk kepentingan dirinya atau kelompoknya. “Dan ini mengorbankan kepentingan yang lebih besar, yaitu negara,” katanya.

Saat ditanyakan apakah Rini memang “titipan” asing, Fahmy menegaskan, “Saya kira kalau dilihat dari track record-nya, orang sekaliber Rini bukan lagi sekadar titipan tetapi ada sinergi dengan kelompok-kelompok asing. Dan ini berbahaya bagi kedaulatan ekonomi Indonesia”. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login