IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » PLN Hasilkan 314 Karya Inovasi Bidang Energy

PLN Hasilkan 314 Karya Inovasi Bidang Energy

Written By Indopetro portal on Wednesday, 19 October 2016 | 15:42

indoPetroNews- Upaya untuk mengembangkan listrik energi baru terbarukan (EBT) terus dilakukan oleh PT PLN.

"Saat ini masih dalam tahap di laboratorium. Kita coba energi banyu," kata General Manager PT PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan Ishvandono Yunaini A kepada indoPetroNews.com Rabu (19/10/2016) di Jakarta. Selain itu, juga dikembangkan energi nabati dari Crude Palm Oil (CPO).

PLN menyadari, lanjut Ishvandono bahwa pengembangan energi baru terbarukan tidak hanya trend tetapi sudah menjadi keniscayaan. Apalagi cadangan energi berbasis fosil semakin menipis dan fluktuasi harga minyak mentah di pasar dunia. "Untuk itu PLN pada tahun mendatang akan mengusung tema energi baru terbarukan pada event Learning, Innovation and Knowledge Exhibition (LIKE) ini," ujar Ishvandono.

Dalam ajang LIKE tahun ini, PLN juga menyelenggarakan Lomba Karya Inovasi dari anak-anak bangsa. Lomba ini menampilkan hasil karya inovasi bidang energi dari masing-masing unit di PLN yang dibagi dalam 5 bidang, yaitu pembangkitan, transmisi, distribusi, technical supporting, non technical supporting - aplikasi dan non technical - manajemen.

Menurut Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali, jumlah karya inovasi PLN seluruh Indonesia yang dilombakan tahun ini berjumlah 314 karya inovasi dengan klaim cost saving yang sangat besar. "Dari tahun 1999 sejak inovasi dilombakan di PLN hingga saat ini karya inovasi yang dihasilkan telah mencapai 2.906 karya inovasi atau rata-rata 132 per tahun. Seluruhnya adalah karya inovasi pegawai PLN," ujar Muhamad.

Menurutnya, lahirnya ide-ide dan terobosan baik teknis maupun non teknis pada akhirnya akan meningkatkan kinerja korporasi, seperti kemandirian, penghematan biaya dan peningkatan produktifitas kerja.

Dalam momentum LIKE yang bertajuk 'PLN Berinovasi untuk Indonesia ini juga diluncurkan Buku 19 Tahun Inovasi Ketenagalistrikan Indonesia. Buku ini selain mengulas tentang praktik-praktik inovasi yang unggul dalam ketenagalistrikan Indonesia juga memuat 19 karya inovasi unggulan PLN. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login