IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Shell Ingin Beroperasi Kembali di Iran

Shell Ingin Beroperasi Kembali di Iran

Written By Indopetro portal on Friday, 14 October 2016 | 13:40

indoPetroNews- Iran memiliki daya tarik tersendiri bagi perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Belanda, Royal Dutch Shell. Perusahaan ini menandatangani perjanjian kerjasama awal dengan National Petrochemical Company (NPC). Tujuannya agar dapat kembali beroperasi di negeri Persia ini.

Kantor berita Shana, milik Kementerian Perminyakan Iran, melaporkan kesepakatan awal itu diteken di Ibu Kota Teheran, Iran, Minggu lalu. Hans Nijkamp, Wakil Presiden Shell, hadir dalam penandatanganan itu. Ia mengatakan Shell ingin hadir dalam jangka panjang di Iran.

"Terlalu dini sekarang untuk menentukan waktunya kami untuk masuk," ujar Nijkamp kepada Shana. "Kami sangat senang Iran kembali menjadi bagian dari masyarakat global, tapi situasinya masih rentan."

Wakil Menteri Perminyakan Iran Amir Husain Zamanina menilai kesepakatan awal ini sebagai sebuah langkah sangat penting bagi permulaan Shell terlibat dalam industri petrokimia di negeri Persia itu. "Kami berharap mereka bisa segera beroperasi," tuturnya.

Dia mengatakan Iran berupaya menggaet kontrak kerja sama minyak dan gas senilai US$ 10 miliar tahun ini. Bos NPC Marzieh Shahdaei mengatakan kepada Shana, perusahaannya berencana meningkatkan produksi petrokimia menjadi 160 juta ton setahun dari 60 juta ton pada 2025.

Sementara itu, menurut penuturan salah seorang jubir Shell, pihaknya membenarkan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan the National Petrochemical Company lewat letter of intent. Sebagai catatan, Shell pernah menghentikan perdagangan dengan Iran pada 2010, mulai membeli lagi minyak Iran Juni lalu. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login