IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Trend Dunia Menuju Energi Baru Terbarukan

Trend Dunia Menuju Energi Baru Terbarukan

Written By Indopetro portal on Monday, 17 October 2016 | 09:26

indoPetroNews- Saat ini adalah masa transisi menuju satu jenis engine (motor) dengan bahan bakar selain minyak bumi. Walaupun demikian, perkembangan tersebut tidak perlu dirisaukan. Mengapa?

“Karena hal tersebut adalah perkembangan secara alamiah dari teknologi,” kata Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, dalam jumpa wartawan terkait pelaksanaan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, pameran sepeda motor terbesar di Indonesia, Jumat (14/10/2016) di Jakarta.

Dirinya, lanjut Gunadi, tidak percaya kalau banyak orang mengatakan minyak yang berbasis fosil akan habis. “Tahun 1960 sebenarnya sudah habis, seperti diprediksikan. Kita sudah tidak punya minyak lagi. Tetapi hingga kini manusia dapat bertahan,” katanya.

Kenapa? “Karena manusia diberi kemampuan untuk mengembangkan sesuatu (teknologi),” lanjutanya. Dan ini yang menyebabkan manusia dapat bertahan hidup lebih panjang dengan energi fosil maupun dengan energi non fosil yang jauh lebih bersih dan lebih hemat.

Dia juga menyatakan bahwa semua produsen merek-merek motor mampu mengembangkan teknologi motor berbahan energi baru terbarukan. “Yang penting adalah ada kebijakan dari pemerintah. Kita tidak bisa mengatakan, hari ini bensin. Besok gas. Besok lusanya gas dan besok lusanya lagi listrik. Ini supaya ada garis yang tegas mengenai kebijakan energinya,” tandas Gunadi, sembari mengimbuhkan trend dunia menuju energi baru terbarukan, yaitu panel surya (sel photovoltaic) dan lainnya.

Teknologi untuk sepeda motor, ungkap Gunadi, masih terus berkembang dan senantiasa berusaha untuk menghasilkan produk-produk sepeda motor yang lebih canggih namun hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Seperti diketahui, ajang IMOS, pameran sepeda motor terbesar di Indonesia, akan kembali hadir pada tahun ini. IMOS 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 2 – 6 November 2016 di Jakarta Convention Center (JCC). Tahun ini, pameran yang digelar oleh AISI mengusung tema “Teknologi untuk Kehidupan yang Lebih Baik”.

Even ini juga didukung oleh PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) pengelola usaha pelumas otomotif dan industri domestik dan internasional, yang selalu memiliki keterikatan dengan industri otomotif di Indonesia. Pada momentum IMOS 2016, Pertamina Lubricants akan memperkenalkan salah satu varian Enduro terbaru yakni Enduro Matic-G yang didesain khusus untuk penggunaan sehari-hari pada mesin sepeda motor dengan transmisi otomatis (CVT).

Pameran yang digelar dua tahunan ini akan diikuti oleh 33 merek dari beberapa kategori produk, antara lain sepeda motor yaitu Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha, TVS, BMW dan KTM, merek-merek spare parts antara lain Astra Otoparts, TDR, Bosch, Ferrox, merek-merek Lubricants seperti Evalube, Idemitsu, Pertamina Lubricants serta berbagai merek apparel dan riding equipment.(Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login